@thesis{thesis, author={ }, title ={Peningkatan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Kelas VIII-1 di Sekolah MTs. Negeri Balang-Balang Gowa}, year={2016}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/327/}, abstract={Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana motivasi belajar aqidah akhlak peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran role playing kelas VIII-1 di MTs. Negeri Balang-balang Gowa? Bagaimana motivasi belajar aqidah akhlak peserta didik sesudah penerapan model pembelajaran role playing kelas VIII-1 di MTs. Negeri Balang-balang Gowa? Apakah model pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak kelas VIII-1 di Sekolah MTs. Negeri Balang-Balang Gowa?. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Design. Sedangkan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini menggunakan kelas percobaan tanpa kelas pembanding yang sebelum perlakuan diberikan tes awal (pretest) untuk memperoleh data motivasi peserta didik, kemudian diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran role playing dan pada pertemuan akhir diberikan tes akhir (posttest). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di sekolah MTs. Negeri Balang-Balang Gowa yaitu 209 orang, dengan sampel kelas VIII-1 dengan jumlah peserta didik 34 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas VIII-1 pada mata pelajaran aqidah akhlak pretest yaitu 68,00 dan rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas VIII-1 pada mata pelajaran aqidah akhlak posttest yaitu 74,38. Sedangkan berdasarkan hasil statistik inferensial diperoleh Sig. (2-tailed) < 0,05 yakni 0,000 < 0,05, sehingga di dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII-1 di sekolah MTs. Negeri Balang-Balang Gowa. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini dapat dikatakan terbukti.} }