@thesis{thesis, author={ }, title ={Problematika Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Biau Kabupaten Buol}, year={2012}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6010/}, abstract={Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Biau mengalami beberapa problema, yakni kompetensi pedagogik berupa perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi belum sepenuhnya dimiliki dan diterapkan oleh pendidik dalam pembelajaran, rendahnya minat pendidik dalam pengembangan diri untuk meningkatkan pengetahuan di bidang ilmu keguruan, belum sepadan pendapatan ekonomi pendidik dengan tugas guru yang emban, modul dan media pembelajaran sangat terbatas. Hal lain yang paling mengganggu konsentrasi pendidik dalam melakukan pembelajaran adalah intervensi pemerintah daerah yang sudah melampaui abang batas kewenangan. Problema peserta didik dalam pembelajaran adalah; rendahnya motivasi diri untuk mengikuti pembelajaran mata pelajaran PAI, pemahaman terhadap mata pelajaran PAI masih relatif rendah, pengaruh informasi dan komunikasi, serta kurangnya dukungan orang tua peserta didik. Adapun solusi untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, maka upaya-upaya dilakukan adalah sebagai berikut: pendidik dapat mengikuti pendidikan dan latihan sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya pendidik, melakukan pengelolaan kelas, pengelolaan peserta didik, menggunakan metode yang sesuai dengan kemampuan daya serap peserta didik, mengoptimalkan penggunaan media yang tersedia, membenahi sarana dan prasarana serta menata kembali pengelolaan administrasi keuangan dengan baik, agar pembelajaran pendidikan agama Islam berjalan lancar, dan dapat menciptakan percepatan peningkatan mutu pendidik dan peserta didik.} }