@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs DDI Majene 2012/2013}, year={2014}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/644/}, abstract={Tesis ini membahas tentang pengaruh motivasi dan kedisiplinan di MTs DDI Majene yang berkaitan dengan prestasi belajar peserta didik kelas VII. Pokok permasalahan adalah (1) apakah terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII MTs DDI Majene (2) apakah terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII MTs DDI Majene, dan (3) apakah terdapat pengaruh motivasi dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII MTs DDI Majene. Jenis penelitian ini adalah merupakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah peserta didik kelas VII yaitu 62 orang. Pada penelitian ini proses pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh artinya peneliti mengambil semua populasi sebagai objek yang diteliti. Oleh karena subjeknya kurang dari 100 orang, maka diambil semuanya sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS diketahui nilai signifikansi untuk variable motivasi sebesar 60,73% sehingga dapat disimpulkan bahwa antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MTs DDI Majene mempunyai pengaruh, atau Ha diterima. Sedangkan variabel kedisiplinan belajar diketahui nilai signifikansi sebesar 62,72% sehingga dapat disimpulkan bahwa antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MTs DDI Majene mempunyai pengaruh, atau Ha diterima. Adapun hasil pengujian secara simultan diketahui nilai signifikansi sebesar 2,1009 sehinga dapat disimpulkan terdapat pengaruh anatara motivasi dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belaja peserta didik kelas VII MTs DDI Majene, atau Ha diterima. Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya pengaruh antara X 1 dan X terhadap Y sebesar 66,01%. Sedangkan sisanya sebesar 33,99% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.} }