@thesis{thesis, author={ }, title ={Penerapan Metode Menghafal dan Hambatannya dalam Pembelajaran al-Qur'an Hadis di MI As'Adiyah No. 232 Ponkeru Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur}, year={2011}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7570/}, abstract={Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Sistem penerapan metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MI As’Adiyah No.232 Pongkeru Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur, yakni: Guru menjelaskan tentang metode menghafal, yaitu guru memberi komentar atau menjelaskan kepada siswa mengenai metode menghafal yang akan dilakukan yaitu menjelaskan secara teoritis mengenai metode menghafal, dan langkah-langkah selanjutnya untuk dilakukan. Guru menentukan ayat dan hadis yang akan dihafal, yakni membicarakan atau menentukan ayat-ayat atau hadis yang akan dihafal. Melakukan hafalan, yakni siswa menghafal yang dilakukan dengan cara berkelompok atau secara individu. Tes untuk menguji pemahaman siswa (Evaluasi), yakni: guru mengadakan tes kepada siswa mengenai hasil atau pemahaman mereka tentang hafalan ayat/hadis yang telah dilakukan. Para siswa diberi kesempatan untuk menjelaskan dan menghafal kembali ayat-ayat/hadis yang telah ditetapkan sebagai materi hafalan. Hambatan-hmbatan yang ditemui penerapan metode menghafal dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di MI As’Adiyah No.232 Pongkeru Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur, yakni: Anak-anak mudah lupa materi ajar Al-Qur’an Hadis dan sebagian anak enggan menghafal. Adapun Upaya mengatasi hambatan penerapan metode menghafal dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di MI As’Adiyah No. 232 Pongkeru, yakni: Bimbingan untuk selalu mengulangi hafalan, yakni guru membimbing siswa agar selalu mengulangi kembali hafalan al-Qur’an Hadis yang telah dihafal atau yang telah diajarkan dan memberi sanksi anak yang tidak menghafal beberapa Ayat/Hadis.} }