@thesis{thesis, author={ }, title ={H.O.S. Tjokroaminoto dan Pemikiran Pendidikannya dalam Perspektif Islam}, year={2013}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/770/}, abstract={Disertasi ini meneliti H.O.S. Tjokroaminoto dan Pemikiran Pendidikannya dalam Perspektif Islam. Penelitian ini bertujuan mengungkap secara tuntas biografi Tjokroaminoto, mendeskripsikan serta menganalisis pemikiran pendidikan Tjokroaminoto, memetakan implementasi pemikiran pendidikan Tjokroaminoto serta menemukan corak pemikirannya dalam konteks pengembangan pendidikan Islam. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan antar disipliner yaitu pendekatan religius, pedagogis, historis, dan sosiologis. Sumber data yakni data primer diambil melalui karya tulis Tjokroaminoto yang erat hubungannya dengan masalah yang diteliti. Sedangkan data sekunder diperoleh dengan cara melacak berbagai informasi melalui berbagai tulisan yang terkait dengan sejarah perjuangan dan pemikiran pendidikan Tjokroaminoto. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan metode library research. Dan pengolahan data melalui unitisasi data, kategorisasi data serta interpretasi data. Sedang analisa data digunakan metode deduktif, induktif, dan komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tjokroaminoto selain tercatat sebagai seorang pahlawan dan tokoh pergerakan nasional, ia juga dapat dipandang sebagai seorang pemikir dan pembaru di bidang pendidikan.Ide dan gagasan pemikiran pendidikan Tjokroaminoto berbeda dengan pemikiran pendidikan yang berlaku dan berkembang pada masanya. Substansi pemikiran pendidikan Tjokroaminoto meliputi: penguasaan ilmu pengetahuan umum (modern), integrasi antara ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan agama, tujuan pendidikan serta wanita dalam kaitannya dengan pendidikan.Implementasi pemikiran pendidikan Tjokroaminoto dalam rangka pengembangan pendidikan Islam meliputi: lembaga pendidikan, kurikulum, jenjang pendidikan dan metode pembelajaran. Sedang pemikiran pendidikan Tjokroaminoto bercorak: rasional, demokratis, religius, nasionalis. Pemikiran-pemikiran pendidikan yang digagas oleh Tjokroaminoto tersebut adalah pemikiran-pemikiran pendidikan yang pernah diaplikasikan dan dikembangkan oleh para pemikir pendidikan pada masa-masa kejayaan Islam. Implikasi penelitian ini mengindikasikan perlunya reorientasi pemikiran pendidikan Islam. Reorientasi berarti menentukan arah kembali, meninggalkan pola dan orientasi lama yang tidak sesuai lagi dengan kondisi kekinian. Dalam konteks ini, reorientasi pendidikan Islam lebih diarahkan pada penciptaan format baru menuju sistem ideal pendidikan Islam dalam kerangka upaya menyongsongperadaban Islam.} }