@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Informasi pada Pokok Bahasan Sistem Gerak di Kelas XI IPA SMAN 9 Gowa}, year={2017}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7715/}, abstract={Hasil uji coba kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yakni RPP, LKPD dan Instrumen penilaian berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian secara berturut-turut 3,5, 3,53 dan 3,55. Sedangkan penilaian untuk hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata 82, jumlah peserta didik yang tuntas dalam proses pembelajaran adalah 26 orang atau 88,67% dan 4 orang atau 11,33% peserta didik tidak tuntas. Hal ini menandakan perangkat ini efektif untuk digunakan. Hasil penelitian dan pengembangan berupa perangkat pembelajaran berbasis keterampilan informasi yang dikembangkan berkualifikasi sangat valid, efektif dan praktis untuk digunakan. Kelebihan pada perangkat ini yaitu percobaan yang dirancang khusus untuk materi sistem gerak yang menarik dan membuat peserta didik aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Keterbatasan pada perangkat ini yaitu terbatas pada pokok bahasan sistem gerak dan tahap pengembangan pada bagian penyebaran (disseminate) hanya terlaksana dalam skala kecil.} }