@thesis{thesis, author={ }, title ={Penerapan Teori Belajar Operant Conditioning melalui Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA MAN 1 Makassar}, year={2018}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8441/}, abstract={Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penerapan teori belajar Operant Conditioning sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat, data yang diperoleh melalui tes hasil belajar pada materi pokok adab terpuji terhadap orang tua dan guru dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 70 dengan standar deviasi 12,12 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-ratanya adalah 77.92 dengan standar deviasi adalah 11,82 dengan ketuntasan sebesar 69,44% untuk kelas control dan 81,08% untuk kelas eksperimen. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai t=7,09 dan t tabel t= 2,72 pada taraf signifikan α = 0,01 dengan db = 36, dimana t yang berarti H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Behaviorisme hitung-hitung > t tabel melalui pemanfaatan bahan ajar modul Akidah Akhlak meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Makassar.} }