@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Metakognisi Peserta Didik pada Pembelajaran Fiqih diMTsN 1 Makassar}, year={2018}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8963/}, abstract={Berdasarkan hasil penelitian, kategorisasi rata-rata pemahaman metakognisi peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berada pada kategori sedangsedangkan setelah penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berada pada kategori tinggi.Kemudian diperoleh nilai t hitung =6,748. Nilai t hitung selanjutnya dibandingkan dengannilai t tabel. Untuk mencari nilai t hitung tabel xii, maka digunakan tabel pedoman nilai-nilai dalam distribusi t. jika menggunakan taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) =n-2 = 40-2 = 38, maka diperoleh nilai t tabel = 2,042. 2,042. Berdasarkan kriteria pengujian,jika t hitung > t tabel maka ρ ≠ 0, sebaliknya jika t hitung > t tabel, maka ρ = 0. Diperoleh nilai t hitung =6,748 dan nilai t tabel = 2,024, maka t hitung > t tabel maka ρ ≠ 0. Dengandemikiandapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajarancontextual teaching and learning(CTL) terhadap pemahaman metakognisi pesertadidik pada pembelajaran fiqih di MTsN 1 Makassar.} }