@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum pada Materi Struktur Jaringan pada Tumbuhan Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Makassar}, year={2016}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/959/}, abstract={Skripsi ini membahas tentang pengembangan instrumen penilaian kinerja yang merupakan alat yang digunakan untuk mengukur keterampilan peserta didik dalam mendemostrasikan pemahaman dan mengaplikasikan pengetahuan yang mendalam terhadap materi ajar. Rumusan masalah penelitian ini ada dua adalah bagaimana mengembangkan instrumen penilaian praktikum pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA Negeri 16 Makassar dan bagaimana bentuk instrumen penilaian praktikum yang valid dan praktis serta dapat digunakan pada kegiatan praktikum mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA Negeri 16 Makassar. Tujuan pengembangan instrumen penilaian praktikum mengetahui cara mengembangkan Instrumen penilaian praktikum pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA Negeri 16 Makassar, mendapatkan instrumen penilaian praktikum pada mata pelajaran biologi yang valid dan praktis pada siswa kelas XI SMA Negeri 16 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan 4D dengan 4 tahap pengembangan yaitu define (tahap pendefenisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan) dan desseminate (tahap penyebaran). dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana cara mengembangkan instrumen penilaian praktikum ini. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 16 Makassar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil uji coba kevalidan instrumen yang dikembangkan berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 3,5, ditunjukkan dari hasil validasi para ahli yang terdiri dua validator. Selain itu diperoleh respon positif terhadap pengembangan perangkat penilaian, hal ini ditunjukkan oleh hasil angket yang diberikan oleh guru, yang menunjukkan bahwa 85% guru telah memberikan tanggapan yang positif terhadap instrumen praktikum pada mata pelajaran biologi peserta didik, dan setelah diuji coba instrumen menunjukkan nilai peserta didik dalam kategori tinggi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen dalam kategori valid.} }