@thesis{thesis, author={Eleonora Henriette}, title ={Pengaruh variabel-variabel dalam kualitas layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Majapahit Oriental Surabaya}, year={2006}, url={http://repositori.ukdc.ac.id/763/}, abstract={Bisnis perhotelan saat ini menunjukkan persaingan yang semakin meningkat, khususnya di Surabaya. Hal ini disebabkan perkembangan kota Surabaya yang cukup pesat baik sektor perekonomian maupun sektor pariwisata' Semaliin banyaknya hotel di Surabaya yang menawarkan fasilitas-fasilitas yang hampir sama, khususnya hotel-hotel yang sekelas. maka yang rnelnbedakan satu hotel dengan hotel yang lain adalah layanan yang diberikan. Birdasarkan latar belakang pennasalahan diatas maka dapat dirumuskan rnasalah apakah variabel-variabel kualitas layanan tnernpunyai penganrh terhadap kepuasan pelanggan baik secara simultan maupLrn parsial di Hotel Majapahit lvlandarin Oriental Surabaya. Menurut lVlowen (1995:5ll) "(:ustomer .\atitfoction is def ned as the over oll altitude regarditg a goods or semices afier il\ acEi.\itiott and use" hal ini berarti kepuasan pelanggan merupakan keseluruhan sikap pelanggan setelah memperoleh atau menggunakan barang atau layalan. Sarnpel yang diambil dalarn pelelitian ini sebanyak 50 sampel. Populasi yang akan ditoliti tidak teridentifikasi maka teknik pengambilan sarnpel yang