@thesis{thesis, author={Alex Alex}, title ={Pengaruh Digital Marketing, Brand Ambassador, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Tokopedia di Surabaya}, year={2021}, url={http://repositori.ukdc.ac.id/916/}, abstract={Tokopedia merupakan perusahaan e-commerce yang sudah berdiri sejak 6 Februari 2009. Keputusan pembelian pada Tokopedia menjadi salah satu tujuan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan serta mampu bersaing di tengah maraknya perusahaan e-commerce lainnya. Tokopedia memperhatikan bahwa perlu adanya suatu strategi yang mampu membawa suatu perusahaan dapat bersaing serta bertahan hidup. Strategi tersebut harus pula dirancang sedemikian rupa hingga membentuk suatu strategi yang kreatif serta inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik non probability sampling, yaitu dengan metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 75 responden penelitian yang tergolong sebagai pelanggan Tokopedia di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, ujiheteroskedastisitas), uji regresi linear berganda, koefisien determinan, dan uji t. Hasil uji t pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel digital marketing (X1) memiliki nilai t hitung 0,198 ? t tabel 1,99394 dan memiliki nilai signifikansi 0,844 ? 0,05. Hasil uji ini menyatakan bahwa Ho diterima dan H1 ditolak, di mana variabel digital marketing (X1) tidak berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada pelanggan Tokopedia di Surabaya. Variabel brand ambassador (X2)memiliki nilai t hitung -1,912 ? t tabel -1,99394 dan memiliki nilai signifikansi 0,06 ? 0,05. Hasil uji ini menyatakan bahwa Ho diterima dan H1 ditolak, di mana variabel brand ambassador (X2) tidak berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada pelanggan Tokopedia di Surabaya. Variabel citra merek (X3) memiliki nilai t hitung 7,388 > t tabel 1,99394 dan memiliki nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Hasil uji ini menyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 ditterima, di mana variabel citra merek (X3) berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada pelanggan Tokopedia di Surabaya. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa variabel digital marketing dan brand ambassador tidak berpengaruh terhadap keputusan pelanggan Tokopedia di Surabaya, sedangkan variabel citra merek berpengaruh terhadap keputusan pelanggan Tokopedia di Surabaya.} }