@thesis{thesis, author={Ayu Sariaty Manurung and Nur Izzati and Rezky Ramadhona}, title ={ANALISIS NORMA SOSIOMATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI KELAS VIII-B SMP SWASTA MAITREYAWIRA TANJUNGPINANG}, year={2020}, url={http://repositori.umrah.ac.id/1100/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan norma sosiomatematis dalam pembelajaran PMRI dengan indikator Keyakinan terhadap pembelajaran PMRI, Berkomunikasi secara matematis, dan Keterampilan Sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil analisis lembar observasi, angket siswa dan wawancara terhadap seluruh peserta didik yaitu 30 peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarika n kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa norma sosiomatematis dalam pembelajaran PMRI masuk pada kategori baik. Pembelajaran PMRI ini mampu membuat norma sosiomatematis peserta didik menjadi terlihat. Dari 3 indikator pada norma sosiomatema tis, indikator pertama dapat terpenuhi dengan sangat baik, indikator ke -2 yaitu Berkomunikasi secara matematis yang menjadi kendalanya adalah ketika harus menggunakan argumen matematis, sementara pada indikator ke-3 yang masih kurang dapat dilakukan oleh peserta didik adalah membandingkan strategi satu sama lain dan juga menghargai temannya satu sama lain yang sedang ber argumen} }