@thesis{thesis, author={Fani Setia Wirawan and Inelda Yulita and Nina Adriani}, title ={PENGGUNAAN PENILAIAN DIRI DAN TEMAN SEJAWAT UNTUK MENGUKUR KINERJA SISWA KELAS X DALAM PRAKTIKUM LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT}, year={2020}, url={http://repositori.umrah.ac.id/1115/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil penilaian diri, teman sejawat dan observer dalam menilai kinerja siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui rata-rata kinerja siswa dalam setiap instrumen serta mengetahui respon siswa terhadap penggunaan instrumen pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X1 Farmasi berjumlah 24 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian diri, teman sejawat, observasi, angket dan wawancara untuk mengetahui lebih mendalam permasalahan yang terjadi pada peserta didik. Hasil analisis diperoleh data perbedaan penilaian diri, penilaian teman sejawat dan observer bernilai sebesar asymp. sig 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan penilaian. Persentase rata-rata kinerja siswa yang sesuai dari penilaian diri, penilaian teman sejawat dan observer terdiri dari 12,5% siswa dengan kategori baik, 25% siswa kategori cukup dan 62.5% siswa dengan kategori kurang. Kemudian persentase angket respon dari masing-masing siswa terhadap penggunaan penilaian diri dan teman sejawat yang terungkap sangat baik, yaitu rata-rata mencapai nilai diatas 90%.} }