@thesis{thesis, author={Eka Putra Ramdhani and Fauzizah Eka Destiana and Inelda Yulita}, title ={PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMAN 4 TANJUNGPINANG}, year={2020}, url={http://repositori.umrah.ac.id/1116/}, abstract={Kemampuan berpikir tingkat tinggi termasuk ke dalam kemampuan beragumen, pemecahan masalah, berpikir kritis, kemampuan mengambil keputusan dan kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mampu ditingkatkan dalam proses pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen dengan model project based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi experiment design dengan desain yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Tanjungpinang yang terbagi dari 10 kelas yaitu 5 kelas mipa dan 5 kelas ips. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan produk kreatif. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dengan taraf sig. 5% atau (? = 0,05), diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen dengan model project based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional.} }