@thesis{thesis, author={Hamzah Yuliandie and Nur Eka Kusuma Hindrasti and Trisna Amelia}, title ={PROFIL PERTANYAAN SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII DI SMPN 5 BINTAN}, year={2020}, url={http://repositori.umrah.ac.id/1121/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pertanyaan siswa berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi di SMPN 5 Bintan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui lembar analisis pertanyaan siswa dan wawancara guru dan siswa,. Lembar analisis pertanyaan siswa digunakan untuk mencatat pertanyaan siswa pada saat pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa jumlah pertanyaan siswa yang dikategorikan berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada ranah kognitif tingkat C1 (Mengingat) terdapat 7 pertanyaan dengan persentase (20%), tingkat C2 (Memahami) terdapat 13 pertanyaan dengan persentase (40%), C3 (Mengaplikasi) terdapat 7 pertanyaan dengan persentase (20%), C4 (Menganalisis) terdapat 4 pertanyaan dengan persentase (11%), C5 (Mengevaluasi) terdapat 3 pertanyaan dengan persentase (9%), tingkat C6 (Mencipta) terdapat 1 pertanyaan dengan persentase (3%). Dimensi pengetahuan level faktual yaitu diajukan oleh siswa sebanyak 5 orang siswa dengan persentase 14% dari total siswa yang bertanya. Pertanyaan level konseptual yaitu dengan jumlah 24 orang siswa yaitu dengan persentase 67% dari total siswa yang bertanya. Pertanyaan dengan level prosedural yaitu dengan jumlah 4 orang siswa yaitu dengan persentase 11% dan pertanyaan level metakognitif dengan jumlah 2 orang siswa yaitu dengan persentase 6%} }