@thesis{thesis, author={Febrian Febrian and Linda Rosmery and Lisna Sri Hartati Panggabean}, title ={PENERAPAN MODEL BELAJAR AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ) DI SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG}, year={2020}, url={http://repositori.umrah.ac.id/1156/}, abstract={Matematika masih dianggap sulit bagi kebanyakan siswa. Hal itu menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswaa antara yang mendapatkan model pembelajarankonvensional dan siswa yang mendapat model pembelajaran AIR. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berbentuk soal uraian, dan lembar observasi. Materi yang digunakan adalah Barisan dan Deret Aritmetika. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X TJK di SMK N 1 Tanjungpinang tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel kelas yang dipilih yaitu kelas X TKJ 1,X TKJ 2,X TKJ 3. Dari hasil penelitian, diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas AIR mendapatkan peningkatan. Model pembelajaran AIR menghasilkan respon yang sama yaitu tergolong baik.} }