@thesis{thesis, author={Eka Putra Ramdhani and Fitriah Khoirunnisa and Nur Asti Nadiah Siregar}, title ={PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK TERINTEGRASI MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI IKATAN KIMIA}, year={2020}, url={http://repositori.umrah.ac.id/1191/}, abstract={Pengembangan modul elektronik terintegrasi Multiple Representation pada materi Ikatan Kimia dikembangkan sebagai tahapan pada siswa dengan tujuan dapat memudahkan bagi para siswa untuk jauh lebih mengetahui dan memahami mata pelajaran kimia khususnya pada materi Ikatan Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan modul elektronik terintegrasi multiple representation pembelajaran kimia SMA pada materi ikatan kimia; 2) mengetahui tingkat validasi modul elektronik terintegrasi multiple representation untuk pembelajaran kimia SMA pada materi ikatan kimia; 3) mengetahui praktikalitas guru dan siswa mengenai modul elektronik terintegrasi multiple representation untuk pembelajaran kimia SMA pada materi ikatan kimia; 4) mengetahui efektivitas dari modul elektronik terintegrasi multiple representation pada materi ikatan kimi a. Jenis pengembangan ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran), Pengumpulan data dilakukan kepada guru dan siswa SMA Negeri 1 Tanjungpinang. Hasil validasi ahli materi dan ahli media terhadap modul elektronik terintegrasi multiple representation pada materi ikatan kimia adalah 93% dan 82% dengan kriteria sangat valid dan layak diujicobakan kepada guru dan siswa. Hasil praktikalitas guru dan siswa terhadap modul elektronik terintegrasi multiple representation pada materi ikatan kimia adalah 90% dan 95% dengan kriteria sangat praktis. Hasil efektivitas N-Gain pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol sebesar 0,3 dengan kategori rendah dan kelas eksperimen sebesar 0,6 kategori sedang, serta hasil independent t-test pada Sig. (2-tailed ) sebesar 0,047 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa modul elektronik terintegrasi multiple representation pembelajaran kimia SMA pada materi ikatan kimia layak , praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran} }