@thesis{thesis, author={Febri Fitrianto and Febrian Febrian and Mirta Fera}, title ={Analisis Learning Obstacle Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Karimun}, year={2020}, url={http://repositori.umrah.ac.id/1231/}, abstract={Pendidikan merupakan salah satu aspek dalam kehidupan yang memegang peranan penting. pada praktiknya, siswa secara ilmiah mengalami situasi yang disebut learning obstacle, dimana terdapat tiga faktor penyebab terjadinya learning obstacle menurut Brouseau, yaitu ontogenical, epistemological, design didactical. penelitian dengan judul ?analisis learning obstacle siswa pada materi persamaan lingkaran kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Karimun?. Memiliki rumusan masalah bagaimana learning obstacle yang dihadapi siswa dalam pembelajaran pada materi persamaan lingkaran kelas XI. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis learnung obstacle siswa pada materi persamaan lingkaran kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode naturalistik. Adapun data yang digunakan adalah data-dat primer. Data akan dianalisis dengan metode deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan dimana dari tiga aspek yang terdapat di learning obstacle. jika dilihat dari Aspek ontogenical siswa tidak mengalami kesulitan. Hal ini dilihat dari hasil angket yang dikerjakan sisw a yang diolah menggunakan softwer winsteep dengan hasil 74,9. dari aspek epistemological kebanyakan siswa mengalami adanya. Hal ini dilihat dari hasil tes soal yang dikerjakan siswa yang selanjutkan dikelompokkan berdasarkan tingkatan. dan dari aspek design didactical tidak terdapat kesalahan yang dilakukan guru. Hal ini dilihat dari hasil observasi peneliti.} }