@thesis{thesis, author={Nur Izzati and Rendy Navy Wicaksono and Rezky Ramadhona}, title ={Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Idris Bintan}, year={2020}, url={http://repositori.umrah.ac.id/1232/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Novick dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional di MTs Idris Bintan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Idris Bintan tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 72 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil dengan menggunakan acak kelas, yaitu kelas VIII A dengan jumlah siswa 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 24 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan representasi matematis pada materi koordinat kartesius. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,69, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,29. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U pada taraf signifikansi 5% atau ( = 0,05), diperoleh Asymp. sig (2-tailed) sebesar 0,000. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,000 dimana p-value < , maka Ho ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran Novick lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional} }