@thesis{thesis, author={HERYANI RITA PUSPITASARI and Ismail Khodijah and Nevrita Nevrita}, title ={KEBERLANJUTAN PEMBUDAYAAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN HIDUP WARGA SMK NEGERI ADIWIYATA DI KABUPATEN BINTAN}, year={2024}, url={http://repositori.umrah.ac.id/7338/}, abstract={Kerusakan alam yang terjadi hampir di seluruh belahan dunia menjadi pertanda adanya degradasi lingkungan yang kian memburuk dari tahun ke tahun. Permasalahan lingkungan menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat termasuk bidang pendidikan. Program sekolah adiwiyata adalah salah satu solusi dari pemerintah untuk warga sekolah dalam berpartisipasi mengatasi masalah lingkungan. Namun dalam implementasinya program ini belum dilaksanakan secara utuh karena belum adanya evaluasi. Evaluasi ini sangat penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi program Adiwiyata dalam pembudayaan karakter peduli lingkungan bagi warga sekolah. Hal ini yang melatarbelakangi penulisan tesis ini. Pokok masalahnya adalah faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas program Sekolah Adiwiyata dalam pembudayaan karakter peduli lingkungan serta keberlanjutan pembudayaan karakter peduli lingkungan dilihat dari aspek sosial, ekonomi dan ekologi pada warga sekolah SMK Negeri di Kabupaten Bintan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan keberlanjutan pembudayaan karakter peduli lingkungan dilihat dari aspek sosial, ekonomi dan ekologi pada warga sekolah SMK Negeri di Kabupaten Bintan serta faktor apa saja yang mendukung keefektivitas program. Kegunaannya adalah memberikan kontribusi pemikiran bagi dinas terkait dalam melakukan monitoring keberlanjutan pembudayaan karakter peduli lingkungan di Sekolah Adiwiyata, bagi warga sekolah dalam pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas Program Sekolah Adiwiyata dan peran mereka dalam pembudayaan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengisian kuesioner dilakukan secara selfreport yaitu responden menjawab sendiri kuesioner yang telah dibuat peneliti. Pertanyaan penelitian dijawab melalui implementasi pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 4.0 untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan proses program sekolah Adiwiyata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dukungan organisasi sekolah dilihat dari nilai nilai T-statistik sebesar 9,243 > 1,96 dan nilai p-value sebesar 0,000 < 0,005. Begitu pula dengan variabel proses program memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keberlanjutan pembudayaan karakter peduli lingkungan yang dapat dilihat dari nilai t-statistik dan p-value masing-masing sebesar 4,582 dan 0,000. Kata Kunci: Sekolah Adiwiyata, Keberlanjutan, Karakter Peduli Lingkungan} }