@thesis{thesis, author={Fitriah Khoirunnisa and MELANI SEKAR NOVIANTI and Rayandra Asyhar}, title ={PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INGKUNGAN PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR LAJU REAKSI}, year={2019}, url={http://repositori.umrah.ac.id/810/}, abstract={Penerapan pendekatan saintifik yang belum optimal dikarenakan masih terbatasnya fasilitas laboratorium yang dimiliki. Kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan fasilitas laboratorium yang dimiliki yaitu dengan memanfaatkan limbah cangkang kerang yang terdapat di lingkungan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis lingkungan pada materi faktor-faktor laju reaksi serta mengetahui validitas dan praktikalitas LKPD yang dihasilkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Reseacrh and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu (1) define, (2) design, (3) development, (4) dessiminate, tetapi pada penelitian ini dibatasi hingga tahap development. Pengumpulan data dilakukan di MAN Tanjungpinang, LKPD diuji cobakan kepada 1 orang guru kimia dan sebanyak 10 orang peserta didik. Hasil pengembangan LKPD berbasis lingkungan ini memenuhi kategori sangat valid dengan hasil presentase validitas oleh ahli materi sebesar 90%, dan hasil presentase validitas oleh ahli media sebesar 97%. Persentase hasil praktikalitas oleh guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis lingkungan yang dikembangkan masing-masing sebesar 85,30% dan 83,50% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut LKPD berbasis lingkungan pada materi faktor-faktor laju reaksi yang telah dikembangkan layak untuk digunakan di dalam proses pembelajaran.} }