@thesis{thesis, author={Eka Putra Ramdhani and Friska Septiani Silitonga and Mariah Mariah}, title ={PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP}, year={2019}, url={http://repositori.umrah.ac.id/863/}, abstract={Bahan ajar merupakan suatu hal yang penting dalam proses belajar mengajar, dengan adanya bahan ajar dapat meningkat pemahaman peserta didik terhadap materi dan menciptkan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didi k. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKPD, mengetahui tingkat validas LKPD, dan praktikalitas pendidik dan peserta didik pada pengembangan LKPD. Model penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reseach and Devlopment (R&D). Jenis penelitian ini menggunakan desain pengembangan dengan model 4D yang dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu (1) pendefinisian (define) dengan analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan materi, serta spesifikasi tujuan pembelajaran; (2) perancangan (design) yaitu menyediakan alat dan bahan yang digunakan untuk merancang bahan ajar berupa LKPD; (3) pengembangan (development) yaitu melakukan validasi, respon pendidik dan respon peserta didik dan (4) penyebaran (desiminate), dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap development. Hasil yang diperoleh uji ahli media 92.50% dengan kriteria sangat valid dan hasil uji ahli materi 89.45% dengan kriteria sangat valid dan analisis data parktikalitas yang dihasilkan: respon pendidik menghasilkan 90,00% dengan kriteria sangat praktis dan respon peserta didik yang di uji coba pada 30 peserta didik kelas VII memperoleh hasil 89,92% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa LKPD yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pokok bahasan pencemaran lingkungan.} }