@thesis{thesis, author={Alona Dwinata and Febrian Febrian and Wulan Yuliana}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINTAN}, year={2019}, url={http://repositori.umrah.ac.id/888/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran examples non examples dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional di SMP Negeri 4 Bintan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bintan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 72 orang. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas VIII C dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes pemahaman konsep matematis pada materi sistem koordinat. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,4816, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,3152. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau ( = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,009. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,0045 dimana p-value < , maka Ho ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran examples non examples lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional.} }