@thesis{thesis, author={Isnaini Leo Shanty and Sega Sega and Tessa Dwi Leoni}, title ={HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MEMBACA ARTIKEL DAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repositori.umrah.ac.id/935/}, abstract={Keterampilan membaca artikel dengan menulis artikel adalah dua aspek yang sangat berhubungan, sebelum menulis tentunya harus membaca untuk mencari sumber atau referensi dengan tujuan untuk menemukan gagasan yang ingin ditulis Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian kepada siswa kel as XI SMA Muhammadiyah Tanjungpinang untuk mengetahui sejauh mana keterampilan membaca artikel dan sejauh mana keterampilan menulis artikel serta hubungan antara kedua keterampilan berbahasa tersebut. Penelitian ini diambil dengan menggunakan seluruh sampel kelas XI yaitu sebanyak 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, tehnik pengumpulan data ialah berupa soal objektif pilihan ganda, cara peneliti menilai hasil kerja siswa denga menggunakan rubrik penilaian dengan kriteria menentukan 5W+1H, menentukan ide pokok, menentukan informasi, sedangkan pada tes keterampilan menulis, peneliti menggunakan rubrik penilaian dengan kriteria kesesuaian judul dengan topik, bernilai inspiratif/bermanfaat, penggunaan bahasa, bernilai aktual, struktur penulisan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan nilai rata-rata keterampilan membaca artikel siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Tanjungpinang adalah baik dengan nilai 79,1, sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis artikel siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Tanjungpinang adalah baik dengan nilai 77,8. Dari hasil analisis korelasi antara keterampilan membaca artikel dan keterampilan menulis artikel SMA Muhammadiyah Tanjungpinang diketahui bahwa r hitung 0,081, sedangkan r tabel 0,374 dengan tarif signifikan 5%. Artinya r hitung ? dari nilai r tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan kriteria tingkat korelasi maka nilai r hitung 0,081 berarti berada pada rentang 0,00-0,199. Jadi, dapat dikatakan bahwa hubungan keterampilan membaca artikel dan keterampilan menulis artikel SMA Muhammadiyah Tanjungpinang dalam tingkat sangat rendah. Berdasarkan dari uji signifikan hasil yang diperoleh ialah t terhitung 0,413, sedangkan t tabel uji dua fihak (dk = 26, a = 0,05) ialah 2,056. Jadi t hitung ? dari t tabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara keterampilan membaca artikel dan keterampilan menulis artikel SMA Muhammadiyah Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019.} }