@thesis{thesis, author={Indah Pujiastuti and Isnaini Leo Shanty and Lestari Hutagalung}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X MIPA SEKOLAH MENENGAH ATAS SANTA MARIA TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repositori.umrah.ac.id/948/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada atau tidaknya Efektivitas Model Pembelajaran Learning Start With A Question Pada Kemampuan Menentukan Struktur Teks Eksposisi Siswa Kelas X MIPA Sekolah Menengah Atas Santa Maria TanjungpinangTahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan model pendekatan One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sekolah Menengah Atas Santa Maria TanjungpinangTahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa diambil menggunakan teknik purposive sampling pada kelas X -MIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Learning Start With A Questionuntuk pretest memperoleh nilai rata-rata 58 dengan kualifikasi ?cukup baik?, sedangkan untuk posttest memperoleh nilai rata-rata 81,44 dengan kualifikasi ?baik?. Jadi berdasarkan perhitunganUji Hipotesis paired sample tTeks. Peneliti memperoleh thit = 2,38 sedangkan ttab = 0,39 karenathit lebih besar dari ttabyakni 2,38? 0,39. Maka disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti bahwa ada efektivitas model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Pada kemampuan menentukan struktur teks eksposisi siswa kelas X MIPA Sekolah Menengah Atas Santa Maria Tanjungpinang tahun pelajaran 2018/2019} }