@thesis{thesis, author={Isnaini Leo Shanty and Legi Elfitra and Lili Endang}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALAIYAH NEGERI TANJUNGPINANGTAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repositori.umrah.ac.id/950/}, abstract={Tujuan penelitian ini untuk melihat ada atau tidaknya Efektivitas Model Pembelajaran PAKEM terhadap Kemahiran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi yaitu siswa tidak dapat menentukan struktur dan kaidah kebahasan dalam menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen one group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling pada kelas X IPS. Peneliti menggunakan uji shapiro wilk untuk melakukan uji normalitas, karena jumlah sampel <50. Jika sampel >50 maka peneliti menggunakan kolmogrov-smirnov. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PAKEM untuk nilai pretest kemahiran menulis teks laporan hasil observasi memperoleh kategori ?cukup?, hal tesebut dapat dilihat dari nilai rata -rata yaitu 59.95, sedangkan untuk nilai postest siswa memperoleh kategori ?baik?, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 85.18. jadi berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh thitung yaitu 4,30 sedangkan t tabel dengan dk=27-2-1=24 (t.s=0,404). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hasil pengujian membuktikan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,30? 0,404 dalam hal ini pengujian H0 ditolak dan Ha diterima karena model pembelajaran PAKEM efektif diterapkan pada pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang.} }