@thesis{thesis, author={Indah Pujiastuti and Legi Elfitra and Mira Dianti}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X AGAMA 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANGTAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repositori.umrah.ac.id/955/}, abstract={Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemahiran menulis teks eksposisi siswa kelas X Agama 2 Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Model Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan informasi dalam pembelajaran karena dalam Pembelajaran Berbasis Masalah kemampuan berpikir siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji, dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling pada kelas X Agama 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra -eksperimen one group pretest-postest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk nilai pretest kemahiran menulis teks eksposisi memperoleh kategori C ?rendah?, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata -rata yaitu 58,75, sedangkan untuk nilai postest siswa memperoleh kategori B ?tinggi?, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 82,67. Jadi berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh t hitung yaitu 3,25 sedangkan t tabel dengan dk = 28-2 = 26 (t tabel = 0,37). Maka dapat diketahui bahwa thitung adalah lebih besar daripada tt abelyaitu : 0,37 < 3,25 > 0,37. Artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dengan demikian ada efektivitas yang signifikan dari Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kemahiran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Agama 2 Madrasah Aliyah Negeri Tahun Pelajaran 2018/2019} }