@thesis{thesis, author={}, title ={Pelaksanaan Kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Dalam Penegelolaan Pendidikan Tingkat Menengah Atas Di Sumatera Utara (Studi Di Dinas Pendidikan Sumatera Utara)}, year={2020}, url={}, abstract={Pemerintahan daerah provinsi mengambil alih pengeloaan sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) dari pemerintah kabupaten/kota. Hal itu merujuk pada undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Dalam undang-undang tersebut dicantumkan soal pembagian urusan pemerintahan pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Salah satunya adalah pembagian urusan pemerintahan bidang pendidikan. Kewenangan pemerintah provinsi antara lain meliputi pengolaan pendidikan menengah, pengelolaan pendidikan khusus, pemindahan pendidikan tenaga kerja kependidikan lintas daerah kabupaten/kota dalam suatu daerah provinsi yang semuanya mengacu pada undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptip analisis yang menggunakan jenis penelitian empiris. Melalui penelitian ini peneliti berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa. Pengalihan kewenangan ini pada dasarnya agar pemerintahan daerah bisa lebih fokus membenahi pendidikan dan lebih memprioritaskan pendidikan menengah atas, selain itu pemerintahan provinsi juga diharapkan bisa menuntaskan program yang di canangkan pemerintah pusat yakni wajib belajar 12 tahun. Pasal 9 ayat 1 undang-undang nomor 23 tahun 2014 menyebutkan bahwa urusan pemerintah terdiri atas urusan pemerintah absolute, urusan pemerintah konkuren dan urusan pemerintahan umum. Pendidikan merupakan sumber transformasi sosial dalam masyarakat modern. Dengan kata lain, pendidikan dan kekuasaan mempunyai hubungan yang erat. Sebagai salah satu contoh, betapa pendidikan mengubah wajah dunia ialah meledaknya tuntutan pendidikan. Tampak sekali bahwa pendidikan dijadikan sebagai alat penguasa untuk meredam keinginan, sistem pendidikan merupakan alat kekuasaan untuk meredam nasionalisme. Dampak pengelolaan pendidikan tingkat menengah atas di sumatera utara. Dapat diambil beberapa keuntungan dari kebijakan desentralisasi antara lain efisiensi pelaksanaan tugas pemerintahan. Apabila dilakukan dengan pendelegasian kewenangan dan tugas–tugas pemerintahan dan pembangunan. Melalui desentralisasi, pemerintahan tidak mesti selalu terlibat langsung sebagaimana didalam tugas–tugas yang terlalu sentralistis. dan berpengaruh dalam penghematan biaya.} }