@thesis{thesis, author={}, title ={Efektifitas Metode Montessori Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018}, year={2020}, url={}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan metode montessori pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTs Islamiyah Medan Tahun Pelajaran 2017 /2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII – 1 MTs Islamiyah Medan yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Efektifitas Metode Montessori Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Pengamatan digunakan untuk memperoleh hasil observasi pemahaman konsep matematika siswa dan tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep serta keterlaksanaan proses pembelajaran materi Aritmatika sosial menggunakan Metode Mntessori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman konsep matematika menggunakan Metode Montessori pada materi aritmatika sosial siswa kelasVII MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) pada tahap awal rata-rata observasi pemahaman konsep sebesar 61,8 dan persentase pemahaman konsep matematika sebesar 32% , (2) pada siklus I rata-rata observasi pemahaman konsep sebesar 69 dan persentase pemahaman konsep matematika sebesar 52 % , (3) pada siklus II rata-rata observasi pemahaman konsep sebesar 81,6 dan persentase pemahaman konsep matematika sebesar 88 %.} }