@thesis{thesis, author={}, title ={Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Dan Solusinya Berbasis Metode Newman Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Topik SPLDV Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018}, year={2020}, url={}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran berbasis masalah dan solusinya berbasis metode newman pada topic SPLDV Pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan tahun pelajran 2017/2018. Adapun yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 07 medan yang berjumlah 25 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Dimana dari hasil tes 25 siswa tersebut diambil 3 responden untuk diwawancarai guna mengetahui dimana sebenarnya letak-letak kesalahan dan kesulitan yang siswa/i alami. Adapun kesalahan terbanyak dari keseluruhan soal berada pada KA (Kesalahan membaca) indicator d (menuliskan kembali soal tetapi tidakmenggunakan bahasa siswa sendiri) dan KD (Kesalahan keterampilan proses) indicator a (tidak menuliskan sama sekali penyelesaian model matematika) dan b (tidak menuliskan model penyelesaian yang digunakan), penyebab dari kesalahan KA (Kesalahan membaca) indicator d tersebut penyebabnya adalah siswa tidak mampu mengubah soal menggunakan bahasanya sendiri dan untuk KD (Kesalahan keterampilan proses) indicator a dan b penyebabnya yaitu siswa tidak menyelesaikan soal cerita SPLDV. Altrnatif solusi yang diberikan untuk KA (Kesalahan membaca) indikator d yang diberikan kepada guru atau tenaga pengajar lainnya adalah pastikan siswa memahami soal dan mampu mengubah soal tersebut menggunakan bahasa sendiri dan mudah dipahami siswa dan Untuk KD (Kesalahan ketarampilan proses) indicator a dan b dharapkan kepada guru harus lebih menguasailagi materi agar siswa mengerti dengan apayang diajarkan guru dan pastikan juga pada saat pembelajaran siswa memperhatikan guru saat pembelajaran dan saat akan melakukan diskusi agar siswa paham tentang topic SPLDV} }