@thesis{thesis, author={}, title ={Penerapan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan T.P 2017/2018}, year={2020}, url={}, abstract={Skripsi ini mengangkat permasalahan tentang penerapan taksonomi SOLO (structure of observed learning outcomes) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa tersebut. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah taksonomi SOLO dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan yang berjumlah 27 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kolaboratif antara guru kelas dengan peneliti yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus mempunyai tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data pada penelitian ini di peroleh melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk uraian. Hasil yang diperoleh dari penelitian terdapat peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan tes awal level prastruktural 40,7%; Unistruktural 47,2%; Multistruktural 9,3%; Relasional 2,8%; dan pada siklus I menjadi level prastruktural 21,5%; Unistruktural 50%; Multistruktural 18,5%; Relasional 10,2%; dan siklus ke II menjadi level prastruktural 3,7%; Unistruktural 20,4%; Multistruktural 34,3%; Relasional 22,2%; dan Extended Abstract 19,4%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Taksonomi SOLO dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan T.P 2017/2018.} }