@thesis{thesis, author={}, title ={Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Siswa Mts Umar Bin Khattab T.P 2017/2018}, year={2020}, url={}, abstract={Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana keefektifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head togather. Dari analisa data diperoleh beberapa temuan yaitu pada pertemuan pertama jumlah nilai siswa secara keseluruhan adalah 1985 dengan rata – rata 52,23. Secara individual siswa yang tuntas 16 orang, dan berada di kategori belum tuntas. Pada pertemuan ketiga jumlah nilai secara keseluruhan adalah 3592 dengan rata – rata 94,52. Secara individual siswa yang tuntas 33 orang, sehingga secara klasikal ketuntasan belajar siswa mencapai berada kategori tuntas. Sehingga efektif ditinjau dari ketuntasan belajar. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan strategi pembelajaran ekspositori pada kegiatan belajar menggajar matematika materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII di MTs Umar Bin Khattab T.P 2017/2018 Efektif. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes siswa rata – rata nilainya baik} }