@thesis{thesis, author={}, title ={Pengembangan Pembelajaran Matematika Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Siswa di Kelas XI Mas Al-Washliyah 22 Tembung Tahun Pelajaran 2018-2019}, year={2020}, url={}, abstract={Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan Perangkat Pembelajaran pada siswa kelas XI IIS A MAS Al – Washliyah 22 Tembung. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model Thiagarajan, Sammel dan Sammel yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define. design, develop, disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IIS A MAS Al – Washliyah 22 Tembung yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah RPP, Modul dan Tes Hasil Belajar. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKPD, lembar penilaian Bahan Ajar, lembar penilaian Media Pembelajaran dan lembar penilaian tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : a) hasil validasi RPP diperoleh skor rata-rata total 4,1 dengan kriteria “Baik”, hasil validasi LKPD diperoleh skor rata-rata total 3,9, hasil validasi Bahan Ajar diperoleh skor rata-rata 3,9 dengan kriteria “Baik”, hasil validasi Media Pembelajaran 4,3 dengan kriteria “Baik”, dan hasil validasi Tes Kemampuan Belajar diperoleh skor rata-rata total 4,2 dengan kriteria “Baik”., b) hasil analisis data tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 80%} }