@thesis{thesis, author={}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa SMP PGRI 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018}, year={2020}, url={}, abstract={Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Berapa persenkah pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui berapa persenkah pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 yang berjumlah 50 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 50 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh harga t  tabel hitung t yaitu t ,12( )24 t ,1( 9844 )  sehinga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada hitung tabel pengaruh antara model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP PGRI 3 Medan tahun pelajaran 2017/2018 dengan pengaruh sebesar 59,35%.} }