@thesis{thesis, author={}, title ={Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T. P 2017/ 2018}, year={2020}, url={}, abstract={Lenbar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan. Skripsi Pendidikan Matematika Program Serjana Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.2018. Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) yang valid dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitas perangkat pembelajaran.. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01Medan. Uji Coba dilakukan sebanyak satu kali pada satu kelas. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,57, LKPD = 4,72; (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; dan (3) Persentase peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematika siswa pada uji coba adalah 94%} }