@thesis{thesis, author={}, title ={Perbedaan hasil belajar mengapresiasi puisi antara yang menggunakan metode inkuiri dan yang menggunakan dengan metode quantum pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 04 Medan TA.2017/2018}, year={2020}, url={}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Mengapresiasi Puisi Antara Yang Menggunakan Metode Inkuiri dan yang Menggunakan dengan Metode Quantum. Pada Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 04 Medan TA.2017/2018. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari dua kelas. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas IX-A dan kelas IX-B. Pada kelas IX-A peneliti menggunakan metode pembelajara Inkuiri, sedangkan kelas IX-B menggunakan metode pembelajaran Quantum. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essai kemampuan mengapresiasi puisi dengan menggunakan metode pembelajaran Inkuiri dan metodel pembelajaram Quantum. Hasil penelitian ini berdasarkan persentase peringkat kemampuan mengapreiasi puisi dengan menggunakan metode Inkuiri diketahui persentase nilai siswa ada pada rentang nilai 45-55 yaitu 55 % dengan nilai rata-rata 50. Artinya kemampuan siswa berada pada tingkat kurang. Sedangkan, kemampuan mengapresiasi puisi menggunakan metode Quantum persentase paling banyak pada rentang nilai 66-79 yaitu 60% dengan nilai rata-rata 79. Artinya kemampuan siswa berada ditingkat baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung 2,9. Selanjutnya thitung ini dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 38, diperoleh harga ttabel = 2,086 berarti thitung>ttabel yaitu 2,9>2,086. Dengan demikian, terlihat perbedaan yang signifikan penggunaan Metode Inkuiri dan Metode Quantum terhadap kemampuan mengapresiasi puisi oleh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 terbukti.} }