@thesis{thesis, author={}, title ={Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Penalaran Analogi Matematika Siswa, Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika}, year={2020}, url={}, abstract={Penelitan ini dilakukan pada tanggal 01 s/d 31 Agustus 2019 dengan menggunakan penelitian kuantitatif di SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan pada kelas VIII-A dan VIII-B dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 29 kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan materi semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran analogi matematika siswa dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kelas kontrol. Pada uji validitas valid, karena , sedangkan reliabilitas dinyatakan reliabel yaitu sebesar 0,831 > 0,6. Teknik Uji Prasyarat bersifat normal, homogen, serta terdapat perbedaan rata-rata. Pada uji t dengan menggunakan SPSS 22 uji Independent Sample T Test terdapat perbedaan antara kelas posttest eksperimen dengan kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan antara kedua kelas VIII-A dan VIII-B pada kelas posttest eksperimen dan kontrol.} }