@thesis{thesis, author={RAHMAT AGUS}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perdagangan Internasional Kelas XI IPS SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10022/}, abstract={Masalah rendahnya hasil belajar di SMAN 3 Tasikmalaya yang disebabkan ketidaktepatan penerapan model pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis quasi experimental serta desain penelitian non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 3 Tasikmalaya berjumlah 107 siswa sedangkan sampel yang diambil dengan teknik non probability sampling jenis sampling purposive adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) < 5% atau 0.05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Group Investigation, Hasil Belajar} }