@thesis{thesis, author={Firmansyah Ilham}, title ={ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCE PADA DOMPET DIGITAL GO-PAY DAN DANA DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10044/}, abstract={Dompet digital merupakan inovasi di dunia keuangan. Dompet digital semakin populer karena cara penggunaan praktis dan efisien untuk melakukan transaksi keuangan. Saat ini, jumlah aplikasi digital dengan pengguna terbanyak di Indonesia adalah Go-Pay dan Dana. Dengan banyaknya pengguna aplikasi, masalah yang dikeluhkan juga bermacam. Masalah utama yaitu kesulitan dalam mengakses menu aplikasi sehingga diperlukan peningkatan dalam segi fitur atau menu untuk mempermudah pengguna. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan user experience dari dua dompet digital tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode User Experience Questionnaire (UEQ), UEQ adalah alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur pengalaman pengguna dari produk, layanan, atau sistem tertentu. UEQ dirancang untuk menilai berbagai aspek pengalaman pengguna, termasuk aspek kognitif seperti kepuasan, pemahaman, dan efisiensi, aspek afektif emosi dan kenikmatan, juga aspek umum seperti estetika dan kegunaan. Untuk mendapatkan responden pengguna kedua dompet digital tersebut, dibuat kuesioner berbentuk online menggunakan google form yang mengacu pada parameter metode UEQ dengan target 130 populasi. User Experience sangat penting dalam membangun sebuah sistem agar dapat terus berinovasi memberikan kesan baik untuk pengguna saat menggunakan aplikasi. Kata Kunci : Dompet Digital, User experience, User Experience Questionnaire (UEQ).} }