@thesis{thesis, author={NURSAADAH ILA}, title ={PENGARUH RESILIENSI AKADEMIK DAN SELF EFFICACY TERHADAP STRES AKADEMIK (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10063/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh resiliensi akademik dan self efficacy terhadap stres akademik pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023 baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan yakni metode survey melalui desain eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 293 peserta didik, dan sampel sebanyak 169 peserta didik dengan menggunakan teknik perhitungan rumus slovin serta teknik pengambilan sampel yaitu simpel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner serta teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 25. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Resiliensi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres akademik dengan nilai signifikansi 0,039. 2) Self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres akademik dengan nilai signifikansi 0,000. 3) Resiliensi akademik dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres akademik dengan nilai signifikansi 0,000. Kata Kunci : Resiliensi Akademik, Self Efficacy, Stres Akademik} }