@thesis{thesis, author={NURWANSYAH ALDIANTI}, title ={DAYA SAING EKSPOR LEMAK KAKAO (HS 1804) INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10155/}, abstract={Perdagangan internasional dapat didefinisikan sebagai kegiatan transaksi perdagangan, yang dilakukan oleh warga suatu negara dan warga negara asing berdasarkan kesepakatan bersama. Kakao merupakan salah satu komoditas unggulan yang berperjuang untuk ekspor. Ekspor kakao Indonesia terjadi perubahan komposisi, lemak kakao memberikan kontribusi ekspor terbesar jika dibandingkan dengan ekspor produk olahan kakao Indonesia lainnya. Peningkatan konsumsi kakao dunia akan menjadi peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor lemak kakao. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisa daya saing ekspor lemak kakao Indonesia di pasar internasional berdasarkan keunggulan komparatif. (2) Menganalisa daya saing ekspor lemak kakao Indonesia di pasar internasional berdasarkan keunggulan kompetitif. Objek penelitian ini fokus pada posisi dan kemampuan daya saing ekspor lemak kakao Indonesia di pasar internasional dengan membandingkan negara-negara eksportir terbesar pada lemak kakao (Kode HS 1804). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis RCA (Revealed Comparative Advantage), Product Mapping, dan ECI (Export Competitiveness Index). Hasil analisis RCA menunjukkan bahwa ekspor lemak kakao Indonesia memiliki keunggulan komparatif dan berdasarkan analisis Product Mapping ekspor lemak kakao Indonesia berada pada kelompok A yang artinya memiliki keunggulan komparatif dan spesialisasi ekspor. Hasil analisis ECI menunjukkan bahwa ekspor lemak kakao memiliki keunggulan kompetitif serta menunjukkan ekspor lemak kakao Indonesia mempunyai arah trend naik. Indonesia berpeluang menjadi negara utama dalam menguasai pasar lemak kakao di pasar internasional baik dari sisi keunggulan komparatif maupun kompetitif. Untuk itu, dalam meningkatkan daya saing diperlukan upaya peningkatan kualitas biji kakao sehingga akan berdampak kepada industri hilirnya salah satunya lemak kakao. Perlu juga analisis lanjutan mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ekspor lemak kakao Indonesia dan negara pesaingnya. Kata Kunci: Daya Saing, ECI, Lemak kakao, Product Mapping, RCA.} }