@thesis{thesis, author={ALFAUZI MUHAMMAD NURKHOLIS DZIKRI}, title ={PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10156/}, abstract={Muhammad Nurkholis Dzikri Alfauzi. 2023. PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dibuktikan dengan hasil tes uraian keterampilan berpikir kritis pada materi hukum newton. Kurangnya kemampuan menganalisis menyebabkan peserta didik sulit untuk membedakan Hukum Newton, peserta didik juga belum bisa memfokuskan pertanyaan dan menganalisis argumen sehingga kesulitan dalam menjawab soal uraian keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Hukum Newton. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA sebanyak 7 kelas dengan jumlah 306 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk essay dengan jumlah soal 8 butir yang mencakup 5 indikator keterampilan berpikir kritis pada materi hukum newton. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik yaitu uji t dengan taraf signifikansi (} }