@thesis{thesis, author={NURFAJRIANTI NISRINA}, title ={PROSES BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10175/}, abstract={NISRINA NURFAJRIANTI. 2023. Proses Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient (AQ). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengumpulan data penelititian ini yaitu penyebaran angket adversity response profile, menyelesaikan masalah matematika, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah angket adversity response profile dan soal menyelesaikan masalah matematika materi bangun datar segiempat dan segitiga. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Manarul Huda Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kategori climbers melalui semua tahap proses berpikir kreatif Torrance dan menyelesaikan dengan benar. Peserta didik kategori peralihan campers menuju climbers, campers, peralihan quitters menuju campers melalui semua tahap proses berpikir kreatif Torrance walaupun kategori peralihan campers menuju climbers dan kategori campers mengalami kesalahan pada tahap menilai dan menguji tebakan hipotesis, memverifikasi dan menguji kembali dan mengkomunikasikan hasil sedangkan kategori peralihan quitters menuju campers mengalami kesalahan pada tahap memperkirakan atau membuat dugaan dan merumuskan hipotesis jawaban, menilai dan menguji tebakan hipotesis, memverifikasi dan menguji kembali dan mengkomunikasikan hasil. Kata kunci: proses berpikir kreatif, Torrance, masalah matematika, adversity quotient} }