@thesis{thesis, author={SYAHIDAH SYIFA QOLBI}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10176/}, abstract={SYIFA QOLBI SYAHIDAH. 2023. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Disposisi Matematis Peserta Didik. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan penyebaran angket disposisi matematis, pengerjaan soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah angket disposisi matematis dan soal kemampuan berpikir kritis matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Manarul Huda Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis dengan disposisi matematis tinggi mampu memahami permasalahan dengan mengungkap unsur?unsur yang diketahui dan ditanyakan dari soal, mampu memberikan penjelasan sederhana dengan mengilustrasikan unsur-unsur yang diketahui ke dalam bentuk gambar bangun ruang kubus dan balok, mampu menggunakan langkah-langkah yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan lengkap dan benar, mampu memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai tindakan yang dilakukan serta mampu memberikan penjelasan yang lengkap dan tepat, mampu memberikan argumen yang logis, relevan, dan akurat dalam menyimpulkan permasalahan. Kemampuan berpikir kritis matematis dengan disposisi matematis sedang mampu memahami permasalahan dengan mengungkap unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan dari soal, mampu memberikan penjelasan sederhana dengan mengilustrasikan unsur-unsur yang diketahui ke dalam bentuk gambar bangun ruang kubus dan balok, mampu menggunakan langkah?langkah yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan lengkap dan benar, memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai tindakan yang dilakukan, walaupun dalam perhitungannya kurang tepat. Kemampuan berpikir kritis matematis dengan disposisi matematis rendah mampu memahami permasalahan dengan mengungkap unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan mampu memberikan penjelasan sederhana dengan mengilustrasikan unsur-unsur yang diketahui ke dalam bentuk gambar bangun ruang kubus dan balok. Kata kunci: analisis, kemampuan berpikir kritis matematis, disposisi matematis} }