@thesis{thesis, author={Azhari Sani Rahma}, title ={PENTINGNYA PENINGKATAN SERVICE EXCELLENCE DI PD BPR ARTHA GALUNGGUNG KOTA TASIKMALAYA}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10249/}, abstract={ugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya peningkatan service excellence di PD. BPR Artha Galunggung Kota Tasikmalaya. Untuk mencapai keberhasilan penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data kepustakaan dan studi lapangan langsung dengan customer service. Pelayanan meupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan jumlah pelanggan maupun dalam suatu penjualan produk dan jasa. Pelayanan dapat diartikan sebagai tindakan atau perbuatan seseorang atau organisasi untuk memberikan kepausan kepada pelanggan atau sesama karyawan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setiap karyawan PD. BPR Artha Galunggung Kantor Pusat Kota Tasikmalaya untuk menerapkan strategi yang sudah ditetapkan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dengan menggunakan konsep dasar pelayanan prima yang terdiri dari Ability (Kemampuan), Attitude (Sikap), Appearance (Penampilan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan) dan Accountability (Tanggung Jawab). Hambatan dalam pelaksanaan service excellence di PD. BPR Artha Galunggung Kantor Pusat Kota Tasikmalaya terdiri dari hambatan yang disebabkan oleh pihak?pihak dari luar bank yaitu hambatan yang datang dari nasabah dan hambatan yang disebabkan oleh pihak-pihak dalam bank itu sendiri. Kata kunci: Pelayanan prima, Standar Operasional Prosedur (SOP), Peningkatan} }