@thesis{thesis, author={NURHASANAH MIA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10260/}, abstract={MIA NURHASANAH. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media interaktif articulate storyline terhadap keterampilan berpikir kritis dan retensi pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yaitu seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yaitu instrumen keterampilan berpikir kritis berbentuk soal uraian sebanyak 13 soal, sedangkan instrumen retensi berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 34 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA satu jalur. Skor rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis dan retensi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media interaktif articulate storyline terhadap keterampilan berpikir kritis dan retensi dengan nilai signifikansi 0,000 dan 0,041. Kata Kunci: Problem Based Learning; Articulate Storyline; Keterampilan Berpikir Kritis; Retensi.} }