@thesis{thesis, author={Mustaqim Rifki Abdillah}, title ={DETERMINASI EVANGELIST CUSTOMER OLEH CUSTOMER JOURNEY DI PT. META GLOBAL TRIASHA}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10313/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis program advertising, marketing event dan after sales service yang diminati oleh evangelist customer di X-Sha, serta mengetahui dan menganalisis pengaruh advertising, marketing event dan after sales service terhadap terbentuknya evangelist customer di X-Sha baik secara parsial dan simultan. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui path analysis. Data diperoleh dengan kuesioner dan studi kepustakaan. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 394, yang merupakan anggota member X-Sha. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Program advertising yang diminati oleh evangelist customer di X-Sha adalah online advertising dengan media Instagram. Kemudian program marketing event yang diminati oleh evangelist customer di X-Sha adalah product discount dengan program GAJAH (Gajian Happy). Serta program after sales service yang diminati oleh evangelist customer di X-Sha adalah product return dengan pilihan retur pada jenis produk yang sama. Dapat disimpulkan juga bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil analisis jalur variabel advertising, marketing event dan after sales service terhadap terbentuknya evangelist customer di X-Sha baik secara parsial dan simultan. Kata Kunci: Advertising, after sales service, customer journey, evangelist customer, marketing event} }