@thesis{thesis, author={AZZAHRA ALIVIA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10318/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Structured Inquiry terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan lingkungan di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian the matching posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 5 kelas yang berjumlah 189 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi sains berupa soal sebanyak 25 soal pilihan ganda mengenai materi perubahan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis menggunakan uji t independen dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Structured Inquiry terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan lingkungan dengan sub indikator dengan skor rata-rata tertinggi di kelas eksperimen adalah memahami desain penelitian dan bagaimana pengaruhnya terhadap temuan atau simpulan ilmiah. Kata Kunci: Model Pembelejaran, Structured Inquiry, Literasi Sains} }