@thesis{thesis, author={AZHARI SEPTIAN CAHYA}, title ={HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI GEOGRAFI (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 9 KOTA TASIKMALAYA)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10418/}, abstract={Faktor self regulated learning (SRL) dan keterlibatan belajar siswa di kelas sangat mempengaruhi kemampuan literasi geografi (GLS) siswa sekolah menengah atas program ilmu sosial. Kemampuan literasi geografi merupakan kemampuan esensial yang harus dimiliki oleh siswa, terutama pada program ilmu sosial. Penelitian ini menyelidiki signifikansi hubungan antara SRL dan Student Learning Engagement (SLE) terhadap kemampuan literasi geografi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara SRL dan SLE terhadap kemampuan literasi geografi yang ditunjukkan dengan nilai P value antara SLE terhadap kemampuan Geo-literasi (0,001) dan SRL terhadap kemampuan Geo?literasi (0,000). Oleh karena itu, untuk mendorong peningkatan kemampuan literasi geografi pada siswa, salah satu caranya adalah dengan membentuk SRL siswa dan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Kata kunci: Keterampilan Geo-literasi, Pembelajaran mandiri, Keterlibatan belajar siswa} }