@thesis{thesis, author={Marlina Yeni}, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik kelas XI IPS 5 SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10482/}, abstract={Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar servis atas bola voli pada siswa kelas XI IPS 5 di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Objek penelitian siswa kelas XI dan subjeknya kelas XI IPS 5 SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 siswa terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar servis atas permainan bola voli pada siswa kelas XI IPS 5 Kota Tasikmalaya pada siklus ke I sebesar 73,61 yang terbagi pada dua aspek penilaian yaitu aspek Kognitif dengan nilai 70,77 dan pada penilaian aspek Psikomotor sebesar 74. Berlanjut pada siklus ke II dengan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang lebih baik dengan perolehan nilai secara keseluruhan sebesar 78.43 yang terbagi menjadi dua aspek penilaian yaitu aspek kognitif dengan nilai 77,44 dan penilaian pada aspek psikomotor dengan nilai 79,41, dengan jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 31 peserta didik atau setara dengan 86,1% dalam pencapaian proses pembelajaran pendidikan jasmani materi servis atas di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Belajar, Cooperative Learning, Jigsaw, servis atas} }